Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Bisnis Online Untuk Pelajar di Instagram Tanpa Modal


Bisnis Online Untuk Pelajar

Bisnis Online Untuk Pelajar di Instagram Tanpa Modal – Kalian pasti sering mendengar tentang bisnis online kan? Ya! Online business merupakan bisnis yang segala aktivitasnya menggunakan internet baik digunakan sebagai media promosi maupun tempat berjualan barang dan jasa.

Pada tahun 2022 banyak masyarakat yang menggunakan internet sebagai media usaha karena dinilai praktis, bisa dilakukan kapanpun, dimanapun dan oleh siapapun.

Bagi kalian pelajar SMP, SMK maupun SMA yang ingin membuka bisnis online tanpa modal, kalian bisa memanfaatkan media sosialmu terutama instagram. Mengapa harus instagram?? Karena IG merupakan salah satu medsos yang sangat populer dikalangan remaja terutama di negara Indonesia.

Berdasarkan kompas.com pengguna internet di Indonesia tahun 2021 mencapai 202 juta. Hal tersebut tentu sangat menguntungkan bagi kalian untuk memulai bisnis online dengan pasar yang sangat luas . Jika kalian masih pemula dan bingung memilih bisnis online yang cocok. Berikut beberapa rekomendasi bisnis online untuk pelajar dengan memanfaatkan Instagram :

1. Reseller atau Dropshipper

Semkin pesatnya perkembangan teknologi dan internet membuat online shop semakin banyak. Bagi seorang pelajar yang ingin memulai bisnis online tanpa harus memikirkan modal atau modal yang kaian punya tidak banyak, kalian bisa mencoba untuk menjadi reseller atau dropshipper.

Sistem kerja reseller, kalian harus membeli barang dari pedagang lain secara grosir dengan harga lebih murah kemudian dijual kembali dengan selisih harga yang lebih tinggi dari harga beli. Adapaun 

Keuntungan menjadi reseller antara lain:
  • Reseller tidak membuat atau memproduksi barang sendiri
  • Reseller menentukan sendiri harga barang yang akan dijual untuk endapatkan keuntungan
  • Reseller akan mendapatkan bonus berupa potongan harga dari distributor jika mengambil stok barang yang banyak
Adapun kekurangan menjadi reseller antara lain:
  • Harus menyediakan stok barang dalam jumlah yang banyak
  • Harus memiliki ruangan yang luas untuk meletakkan barang-barang yang sudah dibeli dan
  • Membutuhkan modal yang tidak sedikit.
Berbeda dengan reseller dimana kalian harus membeli dan menyediakan barang terlebih dulu, sistem kerja dropshipper kalian tidak perlu menyediakan barang, tetapi bisa langsung mempromosikan barang tersebut di media sosial tanpa harus membelinya terlebih dulu. Kalian hanya memerlukan foto barang dan harganya.

Adapun keuntungan menjadi dropshipper antara lain:
  • Dropshipper tidak membutuhkan modal
  • Dropshipper tidak membutuhkan ruang untuk meletakkan persedian barang
  • Dropshipper bebas untuk menjual barang lebih dari satu jenis
2. Bisnis Make-up dengan Memanfaatkan Instagram

Keterampilan Make-up bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan. Hal ini disebabkan karena banyak orang yang membutuhkan jasa make-up arts untuk dipakai di hari spesial sperti pertunangan, pernikahan, pra-wedding, dan lain-lain.

Kalian hanya membutuhkan sosial media untuk mempromosikan hasil make-up di media sosial seperti instagram. Disamping itu kalian yang ingin membuka usaha dibidang make-up tentu kalian harus rajin belajar untuk mengasah kemampuan ber-make up agar mendapatkan hasil make-up yang bagus sehingga pelanggan merasa puas.

3. Bisnis Fotografi

Fotografi merupakan salah satu jasa yang sedang naik daun. Bagi kalian yang memiliki keterampilan di dunia fotografi, bisa mempromosikan hasil foto kalian di Instagram. Kalian juga dapat menawarkan jasa foto di instagram seperti foto pre-wedding, foto pemotretan produk dan masih banyak lagi.

4. Promo Paid

Kalian pasti tidak asing dengan yang namanya pro paid di Intagram kan? Ya promo paid merupakan sejenis layanan promosi yang berbayar. Bisnis ini tidak perlu memerlukan modal karena kalian hanya memposting meteri di Instagram story atau di Instagem feed baik dalam bentuk foto atau video sesuai dengan instruksi.

Bisnis ini rekomended bagi kalian yang memiliki banyak follower. Dengan pengikut yang banyak, tentu Anda dapat menawarkan harga promo yang lebih tinggi kepada para pengiklan.

5. Manawarkan Jasa Titip

Jasa titip bukan hal yang tidak asing lagi pagi masyarakat bakan sangat populer. Bisnis ini menawarkan jasa titip barang dengan sistem kerja membelikan barang atau produk sesuai dengan permintaan pembeli.

Kalian juga memfoto produk kemudian di posting di laman instagram untuk di promosikan ke semua pengguna instagram.

Meskipun jasa titip ini sedikit lebih mahal dari harga yang sebenarnya karena kebanyakan dari mereka mengambil keuntungan. Tetapi masih banyak dari mereka yang menggunakan jasa titip. Hal ini dikarenakan mereka tidak perlu mengantri untuk membeli suatu produk.

Nah itu lah, beberapa rekomendasi bisnis online untuk pelajar di instagram yang dapat kalian coba. Jika kalian tertarik silahkan untuk mencobanya. Terimakasih semoga membantu!

Posting Komentar untuk "5 Bisnis Online Untuk Pelajar di Instagram Tanpa Modal"